Sketsa, Apa itu?
Sketsa merupakan gambaran atau lukisan pendahuluan yang kasar ringan,
semata-mata garis besar atau yang belum selesai. Selain itu, sketsa
hanya digunakan sebagai pengingat-ingat saja. Dalam penerapannya umumnya
digunakan berupa catatan singkat tanpa terdapat bagian-bagian kecil
yang mengemukakan gagasan tertentu.
Jika ditarik sebuah kesimpulan secara umum merupakan rencana kasar
misalnya permainan ringan, mirip dengan musik ataupun artikel.
Sketa sendiri akan digunakan sebagai dasar untuk membuat sebuah
rancangan dari film animasi, maka dari hal tersebut, seorang animator
memang harus mempunyai pengetahuan yang lebih berupa suatu sketsa
sehingga memiliki tujuan dan fungsi yang dapat membantu terciptanya
berupa karya.
Sketsa atau sketch pada umumnya dikenal sebagai bagan atau
rencana bagi sebuah lukisan. Dalam pengertian tersebut, lebih merupakan
gambar kasar, yang bersifat sementara, baik diatas kertas maupun juga
diatas kanvas, yang bertujuan lebih lanjut sebagai lukisan.
Pengertian Sketsa, Apa itu?
Pengertian sketsa secara etimologi berasal dari bahasa Yunani dari kata 'Shedios extempore', kemudian diadopsi ke bahasa Inggris berarti 'sketch',
yang dimana pengertian adalah 'begitu saja tanpa persiapan'. Sedangkan
persamaan arti kata sketsa antara lain: 'coretan, gambar, ilustrasi,
buram, coret, rencana, draf, konsep, skenario, ikhtisar, rangka,
rang-rangan, reka bentuk. Kalau di sederhanakan, pengertian sketsa
adalah pra rancangan gambar dengan medium garis.
Jenis-Jenis Sketsa
Menurut Kusnadi,seorang kritikus seni rupa, mengungkapkan bahwa dalam seni rupa, sketsa dibagi menjadi dua yaitu:
- Sketsa sebagai seni murni atau sketsa yang berdiri sendiri, dan juga sekaligus sebagai suatu media ekspresi.
- Sketsa 'Voor Studie', sebagai media untuk studi bentuk, proporsi, anatomi, komposisi dan sebagainya yang akan dibuat berdasarkan sketsa.Berikut ini adalah beberapa sketsa yang telah penulis buat selama semester 1.
Sketsa menggunakan pensil
Sketsa menggunakan Tinta Cina
Sketsa menggunakan Drawing Pen
No comments:
Post a Comment